Toko Dupa Terdekat & Upacara Adat Bali Yang Jangan Terlewati Saat Berada Di Bali

Toko Dupa Terdekat & Upacara Adat Bali Yang Jangan Terlewati Saat Berada Di Bali

Anda sedang jalan-jalan ke Bali? Tak afdol rasanya jika Anda tidak mengikuti beragam upacara adat yang selalu dilaksanakan hampir sepanjang tahun. Apabila Anda sedang menikmati liburan, berikut adalah upacara adat yang jangan sampai terlewatkan.

Macam-macam Upacara Adat di Bali

Upacara omed-omedan

Upacara yang satu ini biasanya diadakan di salah satu desa yang ada di Denpasar, yakni desa Banjar Kaja. Momen tradisi ini dilaksanakan setelah hari raya Nyepi berakhir dan dimulai pukul 14.00 WITA. Upacara ini hanya dilakukan selama 2 jam saja.

Yang menarik adalah upacara omed-omedan ini diikuti oleh para peserta anak muda yang masih melajang. Setelah sembahyang di pura, mereka pergi ke lapangan terbuka. Yang masih melajang akan ditabrakan sambil disiram air. Tradisi ini tak pernah terlewatkan setiap tahunnya.

 

Upacara adat ngerupuk

Upacara ini diadakan untuk mengusir Bhuta Kala dan umumnya dilakukan pada sore hari. Namun, upacara ini tidak dilakukan setiap hari melainkan satu hari sebelum hari raya Nyepi. Acara ini diadakan di tiap tingkat rumah, desa, hingga provinsi Bali.

Awal ritual ini dimulai dengan memukulkan benda-benda yang menimbulkan suara gaduh. Setiap rumah juga diobori api dan disemburi dengan air. Maksud dari ritual ini adalah agar manusia terlindung dari kejahatan Bhuta Kala.

 

Upacara Mesuryak

Tradisi upacara ini seringkali dilakukan di desa Bongan, Tabanan. Mesuryak berasal dari kata suryak yang memiliki arti berteriak. Umat percaya bahwa saat Mesuryak diadakan, roh leluhur yang sempat turun ke dunia saat Galungan akan kembali ke Nirwana.

Upacara ini memiliki maksud yakni mengantar roh ke nirwana. Tradisi ini tentunya dilakukan dengan rasa hormat dan suka cita. Dalam setahun, upacara mesuryak diadakan dua kali dalam tempo 210 hari sekali. Sebelum melepas roh, masyarakat sembahyang di pura keluarga terlebih dulu.

Setelah sembahyang di pura keluarga, warga memberikan persembahan sesajen. Isi sesajen di antaranya adalah telur, berasa, bunga-bungaan dan perlengkapan lainnya seperti dupa. Mereka juga biasanya mempersiapkan uang semampunya untuk dilempar dan diperebutkan warga.

Masyarakat Bali adalah orang-orang yang terbuka. Setiap upacaranya tak terbatas diikuti oleh umat Hindu saja. Sebagai turis, Anda juga bisa mengikuti upacaranya. Jangan lupa untuk membeli berbagai perlengkapan upacara seperti dupa KAORI yang bisa didapatkan di kaoribali.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Kaori Bali

Informasi Menarik Lainnya

Sekilas Tentang Kami

Kaori Group hadir di tengah masyarakat Bali untuk mewujudkan produk Bali yang bisa mendunia dengan daya saing tinggi di era globalisasi

Alamat Kami

  • Jl. Raya Mas No.60X, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • Call Center 24 jam non stop siap membantu anda 
    – 0877 7711 7720
  • Email: kaorigroupbali@gmail.com

 

 

Aplikasi Kami