Central Dupa di Bali & Mengajegkan Peradaban Adat dan Budaya Bali

Central Dupa di Bali & Mengajegkan Peradaban Adat dan Budaya Bali

Bali adalah daerah di Indonesia yang masih kental dengan adatnya. Masyarakat Bali mengajegkan atau melestarikan nilai-nilai adat sehingga roh kebalian tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa upaya masyarakat sehingga budaya dan adatnya tetap bertahan di era globalisasi.

Cara Mengajegkan Budaya dan Adat Bali

Menggunakan bahasa Bali

Bali merupakan provinsi yang kental dengan adat, namun didatangi oleh para turis baik domestik maupun mancanegara. Hal ini memaksa masyarakatnya agar dapat memahami bahasa lain selain bahasa Bali. Di sisi lain, bahasa Bali mulai tergerus sehingga terancam menghilang di tanah sendiri.

Agar hal ini bisa terhindar, pemerintah memberlakukan sebuah peraturan. Isi peraturannya adalah dengan menggunakan bahasa Bali di setiap hari Kamis. Penggunaan bahasa Bali ini dipercaya sebagai upaya agar adat dan tradisi tetap lestari khususnya di provinsi tersebut.

 

Menggunakan baju adat

Setiap kali purnama-tilem, seluruh masyarakat Bali perlu menggunakan pakaian adat. Hal ini diatur dalam peraturan gubernur nomor 79 tahun 2018. Pakaian adalah cerminan dari peradaban sehingga perlu dilestarikan oleh masyarakat itu sendiri.

 

Program SAB dan GAB

Provinsi ini mengadakan program Siswa Ajeg Bali (SAB) dan Guru Ajeg Bali (GAB). Program ini memiliki tujuan agar setiap masyarakat di bidang pendidikan dari berbagai lintas usia memiliki jiwa kompetitif dalam mempertahankan adat Bali.

Program ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan budaya Bali dengan cara yang modern. Beberapa kegiatan diantaranya adalah mengenalkan roh kebalian yang kuat, lestari dan adiluhung. Program ini diadakan setiap tahunnya.

 

Mendirikan badan usaha milik adat

Berbeda dengan provinsi lainnya, Bali memiliki badan usaha milik adat yang dikelola oleh desa. Tujuan utama dari didirikannya program ini adalah untuk mensejahterakan desa sesuai dengan kekayaan dan potensi yang dimilikinya. Sehingga, sumber daya bisa dimaksimalkan.

Badan usaha ini tetap memperhatikan adat dan budaya Bali. Nilai yang diutamakan adalah gotong royong sehingga tidak ada masyarakat yang merasa bekerja sendiri. Kebijakan adat ini tentunya dimaksudkan supaya masyarakat mencapai keadilan secara sosial dan ekonomi.

Mengajegkan Bali tak lepas dari acara ritual yang diadakan setiap hari untuk menghadap Sang Hyang Widhi. Anda bisa memperoleh berbagai alat ritual seperti dupa di perusahaan KAORI. KAORI Bali menyediakan berbagai dupa sehingga sembahyang Anda semakin dalam dan khusyuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Kaori Bali

Informasi Menarik Lainnya

Sekilas Tentang Kami

Kaori Group hadir di tengah masyarakat Bali untuk mewujudkan produk Bali yang bisa mendunia dengan daya saing tinggi di era globalisasi

Alamat Kami

  • Jl. Raya Mas No.60X, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • Call Center 24 jam non stop siap membantu anda 
    – 0877 7711 7720
  • Email: kaorigroupbali@gmail.com

 

 

Aplikasi Kami