Makna Porosan dalam Canang dalam Hindu

Makna Porosan dalam Canang dalam Hindu

Setiap hari umat Hindu melakukan sebuah ritual. Ritual tersebut dinamakan ngaturang canang. Salah satu unsurnya yang tak boleh ketinggalan adalah porosan. Porosan merupakan tanda bahwa seorang Hindu melakukan bakti dengan hati yang suci kepada Sang Hyang Widhi. Berikut ini adalah makna porosan dalam canang yang digunakan oleh umat Hindu untuk ritual.

Makna Porosan dalam Canang

  • Sebagai persembahan

Setiap manusia memiliki utang hidup kepada Dewa-Dewa yang menjaganya. Untuk itu, ritual canang sangat diwajibkan untuk dilakukan setiap hari. Persembahan ini sebagai tanda bahwa manusia memiliki utang yang besar kepada Dewa yang telah menciptakan semesta dan menitipkan atman pada setiap umatnya. Dewa juga lah yang memiliki hak untuk mencabut atman dalam diri manusia.

Canang hanyalah bentuk kecil dari persembahan umat kepada Dewa. Di dalam canang, terdapat sebuah porosan yang tidak boleh ditinggalkan sebagai salah satu unsurnya. Dalam hal ini, porosan merupakan simbol dalam sebuah canang bahwa Sang Hyang Widhi adalah Maha Kuasa yang tidak akan pernah terjangkau oleh manusia.

  • Lambang Tri Murti

Porosan dalam canang memiliki tiga unsur. Di dalamnya terdapat daun sirih dengan warnanya yang hijau. Daun sirih ini melambangkan Dewa Wisnu. Lambangnya adalah Ung yang berasal dari Suci Ungkara. Selain itu adalah buah sirih dengan warna yang merah. Buah ini melambangkan Dewa Brahma dengan lambang Angkara.

Selain daun sirih dan buah sirih, ada pula kapur sirih. Kapur sirih adalah lambang dari dewa Iswara yang memiliki simbol Mang. Penggabungan ketiganya menjadi AUM atau OM. OM memiliki makna berupa simbol Ketuhanan yang ada pada umat Hindu. Itu sebabnya, porosan tidak boleh ketinggalan dalam ritual canang.

  • Permohonan

Sang Hyang Widhi memiliki kekuasaan yang absolut, termasuk menciptakan, melenyapkan, dan memelihara segala sesuatunya. Porosan dalam canang adalah bentuk permohonan manusia agar semua yang tercipta terpelihara dengan baik. Juga sebagai permohonan agar semua pengharapan dikabulkan tanpa hambatan apapun.

Sebagai bentuk persembahan yang dilakukan setiap sore, Anda juga membutuhkan dupa. Dupa menguarkan aroma untuk memperdalam ritual yang Anda lakukan. Pilihlah dupa yang berkualitas seperti dupa KAORI. Selain aromanya yang terapetik, kualitas dupa juga sangat baik untuk setiap sembahyang Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Kaori Bali

Informasi Menarik Lainnya

Sekilas Tentang Kami

Kaori Group hadir di tengah masyarakat Bali untuk mewujudkan produk Bali yang bisa mendunia dengan daya saing tinggi di era globalisasi

Alamat Kami

  • Jl. Raya Mas No.60X, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • Call Center 24 jam non stop siap membantu anda 
    – 0877 7711 7720
  • Email: kaorigroupbali@gmail.com

 

 

Aplikasi Kami