Kelapa dalam Filosofi Umat Hindu

Pohon kelapa merupakan tanaman yang tumbuh subur di Bali karena suasana tropis dan dominasi pesisir. Tak hanya itu, masyarakat Bali juga percaya bahwa kelapa memiliki filosofi yang sangat penting. Itu sebabnya, buah yang satu ini sering digunakan dalam rangkaian upacara adat. Berikut ini adalah berbagai filosofi kelapa bagi para umat Hindu di Bali.

Filosofi Kelapa Bagi umat Hindu

  • Kesan kepribadian

Manakala kita berbuat kebaikan, maka kita akan terlihat baik. Begitu juga sebaliknya, perilaku yang buruk akan membuat kita terlihat buruk bagi sesama. Pohon kelapa yang terus tumbuh menjulang adalah cara kita memandang seuatu dengan perilaku yang matang. Dengan begitu, kita tidak secara sembarangan menilai orang lain dan sebaliknya.

Begitu juga dengan buah kelapa. Untuk mendapatkannya, manusia perlu membuka sabut kelapa, baru menemukan kemurnian airnya. Dari hal tersebut manusia belajar bahwa asalnya kita adalah orang yang baik, murni, dan suci seperti air kelapa. Oleh karena itu kita selalu berharap agar diri kita selalu bersih dari hal-hal negatif.

  • Simbol kedewasaan

Pohon kelapa juga menandakan kedewasaan. Mulai dari tumbuh berbentuk tunas, meninggi batangnya, dahannya yang merimbun, dan dijaga hingga berbuah. Hal ini mirip dengan perjalanan hidup manusia yang dimulai dari fase menuntut ilmu, memiliki keluarga, memperdalam kehidupan dengan menjauhkan nafsu duniawi, hingga melepaskan pengaruh dunia.

  • Kelahiran dan kematian

Pohon kelapa akan mengalami fase tumbuh hingga tak lagi berbuah yang artinya sudah mati. Hal ini mirip dengan istilah sekala dan niskala yang dipercayai oleh umat Hindu. Pohon kelapa dijaga seperti manusia yang dilindungi oleh orang tua dan kanda 4 atau niskala. Dalam perjalanannya, manusia bisa tetap hidup dengan penjagaan sekala dan niskala.

  • Kesederhanaan

Dalam perjalanannya, manusia dituntut untuk hidup dengan sederhana. Seperti halnya buah kepala yang bisa hidup di dataran rendah hingga sedang, ia menyesuaikan diri dan beradaptasi. Dahan pohon kepala juga menjadi simbol perlindungan seperti halnya manusia yang dalam hidupnya dilindungi oleh Dewa.

Tak hanya kelapa yang digunakan pada upacara umat Hindu, namun juga ada minyak kelapa dan dupa. NAna bisa memilih minyak dan dupa berkualitas yang diproduksi oleh perusahaan KAORI. Ragam dupa yang dijual oleh KAORI sangat beragam, mulai dari fungsi ritual hingga meditasi. Sementara minyak kelapanya tidak lengket dan cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Kaori Bali

Informasi Menarik Lainnya

Sekilas Tentang Kami

Kaori Group hadir di tengah masyarakat Bali untuk mewujudkan produk Bali yang bisa mendunia dengan daya saing tinggi di era globalisasi

Alamat Kami

  • Jl. Raya Mas No.60X, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • Call Center 24 jam non stop siap membantu anda 
    – 0877 7711 7720
  • Email: kaorigroupbali@gmail.com

 

 

Aplikasi Kami