Ilmu Bisnis Dasar yang Wajib Dimiliki Seorang Pengusaha

Ilmu Bisnis Dasar yang Wajib Dimiliki Seorang Pengusaha

Tidak semua pengusaha harus lulusan dari sekolah tertentu. Anda bisa menjadi salah satunya selama mengerti apa saja ilmu bisnis dasar untuk seorang pengusaha. Ada lima hal dasar yang sangat penting untuk diketahui terutama bagi pengusaha pemula. Konsep ini mudah dimengerti dan cocok untuk berbagai kesempatan bisnis yang Anda hadapi.

Ilmu Bisnis Dasar untuk Pengusaha

  • Konsumen

Suka atau tidak, konsumen adalah peran yang penting bagi bisnis. Tidak peduli jika karyawan Anda memegang lulusan terbaik sekalipun, bisnis tidak akan berjalan jika tidak ada konsumen. Itu sebabnya, Anda harus mengetahui target konsumen. Mulailah dengan mengidentifikasi pemakaian target konsumen Anda, apakah berkualitas, terjangkau, dan lain-lain.

  • Suplai dan permintaan

Dalam kesetimbangan pasar, perlu adanya suplai (penjual) dan permintaan (pembeli). Jika keduanya tak seimbang, maka jumlah barang dan harganya akan terpengaruh. Prinsip ini disebut dengan supply and demand. Anda harus mengetahui bagaimana pengaruh di pasaran. Dengan begitu, perencanaan, harga, dan keuntungan bisnis bisa memiliki strategi yang baik.

  • Kompetisi

Bisnis bisa diibaratkan seperti sebuah balapan. Setiap orang memulai bisnis untuk menyaingi pasar yang sudah ada. Untuk itu, anda harus mengetahui siapa kompetitor bisnis Anda sekaligus cara mereka terjun ke konsumen. Jadilah penjual yang kreatif termasuk dalam menjajakan produk atau jasa. Konsumen akan lebih melirik produk yang memiliki nilai tinggi dan terjangkau.

  • ROI

ROI adalah return on investment. Anda harus bisa menganalisis hal ini sebelum memulai bisnis. Caranya adalah dengan mengukur seberapa banyak modal kemudian mengkalkulasikan keuntungannya. Anda bisa memilih jenis usaha mana yang memberikan ROI dalam jumlah besar dan modal yang paling sedikit. Kalkulasi ROI sering digunakan entrepreneur untuk memilih opsi usaha.

  • Variable cost

Variable cost bisa dibilang sebagai uang yang dikeluarkan sebagai modal. Tak hanya modal untuk produk, cost juga berarti tagihan listrik dan internet, sewa tempat, dan menggaji staf. Semua hal ini harus diperhitungkan dengan baik. Seberapa besar pun pendapatan yang masuk, usaha anda dikategorikan rugi apabila modalnya lebih besar.

Untuk memulai usaha tanpa modal yang banyak, Anda bisa bergabung dengan KAORI Group. Perusahaan ini menyediakan berbagai kebutuhan seperti dupa, beras, air, hingga kopi. Anda hanya perlu menganalisis siapa target penjualan Anda dan mulailah mendapatkan penghasilan lebih bersama KAORI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Kaori Bali

Informasi Menarik Lainnya

Sekilas Tentang Kami

Kaori Group hadir di tengah masyarakat Bali untuk mewujudkan produk Bali yang bisa mendunia dengan daya saing tinggi di era globalisasi

Alamat Kami

  • Jl. Raya Mas No.60X, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • Call Center 24 jam non stop siap membantu anda 
    – 0877 7711 7720
  • Email: kaorigroupbali@gmail.com

 

 

Aplikasi Kami