Kata Katamu Adalah Kualitas Dirimu

Kata Katamu Adalah Kualitas Dirimu

Pernahkah kamu menyesal dengan ucapanmu sendiri? Terkadang kita terlambat menyadari bahwa ucapan kita ternyata dapat melukai hati, bahkan martabat orang lain. Makna dari kata yang terucap dari mulut tak jarang membawa pengaruh yang luar biasa untuk membuatmu terlihat buruk meski kata yang kau lontarkan itu benar adanya. Kata yang sudah terlanjur terucap, tak dapat ditarik kembali. Tak peduli sebaik apapun dirimu atau sebanyak apapun prestasimu, your words can tell them all about you really are.

Kata yang keluar dari mulut kita akan dapat ditafsirkan dalam 4 hal, yaitu positif, negatif, netral atau tidak jelas. Orang yang cerdas dan dewasa akan menjaga ucapan mereka agar tak menuai respon aneh dan negatif.

Emotional Intelligence (EQ) merupakan salah satu jenis kecerdasan pada pola pikir manusia. Kecerdasan tak hanya selalu berdasarkan dengan hal kognitif atau IQ. EQ memiliki peran utama dalam menentukan apa yang perlu dan apa yang tidak perlu untuk dikatakan. Pada hakekatnya EQ berhubungan dengan kesadaran sosial, yakni kemampuan dalam memahami emosi dan pengalaman orang lain. 

EQ merupakan suatu hal yang berkaitan dengan kemampuan dalam menyadari, mengendalikan, dan mengekspresikan emosi. Level EQ seseorang akan dapat dilihat dari bagaimana ucapannya diterima oleh orang lain. Apakah positif? Atau negatif?

Orang yang cerdas emosionalnya adalah orang yang bersikap dewasa. Orang yang cerdas akan hati-hati dalam bertindak dan berbicara. Nah, berikut ini adalah frasa atau ucapan yang tak seharusnya orang cerdas katakan di hadapan orang lain.

Saat hidup berjalan tak mulus, terkadang kita pernah berpikir bahwa hidup ini rasanya tak adil. Hal itu sejatinya hanya sebatas perasaan manusia saja saat sedang mengalami keputusasaan. Hidup itu nyatanya adil bagi kita yang mau berpikir dan melihat melalui berbagai sudut pandang.

Orang yang mengatakan frasa di atas menandakan bahwa seorang tersebut menginginkan hidup itu harus adil, harus sesuai dengan apa yang orang itu mau. Mengucapkan frasa ini justru akan membuatmu terlihat naif dan kurang dewasa. Memang berat rasanya jika segala hal tidak berjalan sesuai rencana. Namun cobalah untuk menahan diri dari hasrat untuk ‘mengeluh’. 

Orang yang cerdas justru akan bertanya-tanya di mana letak kesalahannya, sehingga nantinya mereka akan memperbaiki kesalahan tersebut demi mencegah kesalahan yang sama di waktu mendatang. Daripada menyalahkan keadaan, alangkah lebih baiknya jika kamu fokus pada masalahmu, dan pecahkan masalahnya, maka kamu akan merasa jauh lebih baik daripada hanya menyalahkan situasi. Gengsi dong kalo hidup isinya ngeluh mulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Kaori Bali

Informasi Menarik Lainnya

Sekilas Tentang Kami

Kaori Group hadir di tengah masyarakat Bali untuk mewujudkan produk Bali yang bisa mendunia dengan daya saing tinggi di era globalisasi

Alamat Kami

  • Jl. Raya Mas No.60X, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • Call Center 24 jam non stop siap membantu anda 
    – 0877 7711 7720
  • Email: kaorigroupbali@gmail.com

 

 

Aplikasi Kami