Makna Dupa dalam Sembahyang

Makna Dupa dalam Sembahyang

Dupa tak hanya dibakar untuk menghasilkan wewangian tertentu. Dalam ibadah Hindu, dupa memiliki peran dan simbol yang penting. Benda satu ini menjadi hal yang wajib karena maknanya yang sangat dalam. Berikut ini adalah beberapa makna dupa yang perlu Anda ketahui dalam tujuannya untuk pertemuan dengan Sang Hyang Widhi.

5 Makna Dupa dalam Sembahyang

  • Lambang Dewa Agni

Dewa Agni merupakan Dewa yang berperan dalam mengusir raksasa pembawa mala. Semua mala tersebut dibakar habis sehingga sifatnya menjadi suci kembali. Dupa menjadi simbol api yang akan membakar semua hal-hal negatif yang ada pada diri manusia. Sehingga api dupa dikaitkan dengan lambang Dewa Agni saat sembahyang.

  • Menghalau Roh Jahat

Roh jahat mengelilingi umat sehingga umat tak terlepas dari dosa. Pembakaran dupa menjadi simbol untuk menghilangkan roh-roh jahat. Selain itu, hal-hal negatif yang terjadi pada diri manusia juga diharapkan lenyap bersama api. Sehingga, Anda bisa hidup dengan tenang dan lepas dari hal-hal negatif lainnya.

  • Menuntun Ke Sang Hyang Widhi

Tak lengkap jika sembahyang tanpa dupa. Dupa adalah perlambang dari elemen api yang bermakna mengantarkan diri kepada Sang Hyang Widhi. Pembakaran dupa menandakan bahwa diri telah siap untuk terhubung dengan sang pencipta. Hal ini tercantum dalam Weda Parikrama:103.

  • Makna Pengorbanan

Dupa akan terbakar habis saat Anda menggunakannya saat ibadah. Dupa yang habis menjadi simbol bahwa dupa berkorban demi manusia yang sedang mendekatkan diri dengan Sang Hyang Widhi. Keyakinan ini menjadi hal positif dari penggunaan dupa, bahwa kita juga sepatutnya berkorban dalam perjalanan menuju Sang Hyang Widhi.

  • Fokus Ibadah

Wangi dupa yang dibakar memberikan sensasi lain, terutama jika digunakan untuk sembahyang. Perasaan Anda akan jauh lebih rileks dan fokus dengan diri sendiri. Asap yang wangi juga menghilangkan bau pada ruangan sehingga anda bisa beribadah dengan khidmat. Pilih dupa Kaori dengan wangi herbal karena aman dan harum untuk ruangan.

Pemilihan dupa untuk tujuan sembahyang sangatlah penting. Gunakan dupa herbal Kaori yang aman dari toksik berbahaya. Bahan yang digunakan berasal dari herbal sehingga tidak akan mengganggu pernapasan. Selain sembahyang yang lebih fokus, pembakaran dupa juga memberi efek menyehatkan karena udara menjadi lebih bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Kaori Bali

Informasi Menarik Lainnya

Sekilas Tentang Kami

Kaori Group hadir di tengah masyarakat Bali untuk mewujudkan produk Bali yang bisa mendunia dengan daya saing tinggi di era globalisasi

Alamat Kami

  • Jl. Raya Mas No.60X, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • Call Center 24 jam non stop siap membantu anda 
    – 0877 7711 7720
  • Email: kaorigroupbali@gmail.com

 

 

Aplikasi Kami